Cara Mudah Merawat Tas Kulit Agar Tahan Lama

Cara-Merawat

Salah satu alasan mengapa tas kulit dipilih adalah karena tas kulit cenderung tahan lebih lama dan membuat pemakainya terlihat lebih berkelas. Tak heran jika tas kulis dibanderol dengan harga yang jauh lebih tinggi dari tas berbahan lainnya, dan banyak juga orang yang menggunakan tas kulit untuk menunjukkan status sosial mereka.

Tas berbahan kulit memang cenderung lebih kuat, asalkan dirawat dengan carat yang baik. Jita cara perawatannya tidak tepat, tas yang anda beli dengan harga tinggi ini justru bisa cepat rusak dan tidak lagi bisa dipakai. Pastinya anda tidak mau kan tas yang anda beli dengan harga mahal jadi rusak dan lagi bisa dipakai untuk bergaya? Agar tas kulit dapat lebih awet dan tahan lama, mari cari tahu cara merawatnya. Berikut kami sajikan beberapa tips untuk merawat tas kulit agar tahan lama.

  1. Hindari dari sinar matahari langsung

Tas berbahan kulit sangat rentan akan retak atau pecah-pecah pada bagian luarnya. Oleh karena itu, hindari tas kulit anda dari paparan matahari secara langsung, terutama dalam waktu yang lama. Jika terpaksa harus beraktivitas diluar ruangan dan berhadapan langsung dengan matahari, usahakan untuk menggunakan tas berbahan lain seperti kain dan sebagainya.

Selain merusak tekstur dari kulit, sinar matahari juga dapat membuat warna tas kulit anda menjadi lebih cepat pudar dan kusam. Pastinya anda tidak mau kan, tas kulit anda menjadi terlihat seperti tas lama karena warnya yang kusam.

  1. Jauhkan dari air

Jika anda ingin tas kulit anda lebih awet dipakai, hindari meletakkan tas anda ditempat yang lembab, apalagi terkena air. Air ataupun tempat yang lembab merupakan tempat yang subur untuk jamur tumbuh dan berkembang.

Nah jika tas anda sudah terlanjut terkena air, segeralah keringkan dengan menggunakan tissu bahas atau lap kering yang mudah menyerap air dan bertekstur lembut. Kain yang lembut dapat mengurangi intensitas gesekan pada tas sehingga dapat meminimalisir munculnya goresan pada tas.

  1. Hindarkan jamur

Jika dibandingkan dengan tas berbahan lainnya, tas berbahan kulit cenderung lebih mudah rusak, salah satunya adalah karena jamur. Oleh karena itu, diperlukan perawatan khusus agar tas kulit dapat terhindar dari jamur dan tahan lebih lama.

Pada saat disimpan, letakkanlah tas kulit didalam lemari dilengkapi dengan kamper atau silica gel yang berfungsi untuk menyerap lembaba. Selain itu, kamper juga dapat menghindarkan tas kulit anda dari binatang-binatang kecil yang sering kita jumpai didalam lemari, seperti ngengat yang dapat memakan bagian luar tas.

Sesekali bukalah pintu lemari agar sirkulasi udara menjadi lancar dan udara didalam lemari tidak lembab. Ingat juga untuk membungkus tas menggunakan tas penyimpanan berbahan kain yang lembut agar terhindar dari debu.

  1. Jauhkan dari plastik

Plastik adalah musuh terbesar dari tas kulit. Jika disimpan dan bersentuhan dengan plastik, bahan plastik dapat menyerap warna yang ada pada bagian luar tas kulit anda. Sehingga akan muncul noda seperti jamur pada tas, bahkan kulit tas dapat terkelupas jika menempel dengan bahan plastik dalam waktu yang lama.

Oleh karena itu, hindari menyimpan tas menggunakan pembungkus plastik dalam waktu lama. Akan jauh lebih baik apabila anda menggunakan tas penyimpanan yang berbahan kain, yang tentunya juga akan memperlancar sirkulasi udara yang keluar dan masuk.

  1. Cara membersihkan

Pada prinsipnya tas berbahan kulit jauh lebih mudah dibersihkan daripada tas dari bahan lainnya. Tas kulit tidak perlu dicuci menggunakan air dan deterjen. Jika muncul noda atau jamur pada tas kulit, anda hanya perlu membersihkannya dengan menggunakan lotion, sabun khusus untuk kulit atau bahan alami seperti minyak zaitun dan jeruk lemon. Namun jangan langsung mengoleskannya ke tas.

Oleskan lotion, sabu, minyak zaitun ataupun perasan jeruk lemon pada kain lembut terlebih dahulu, lalu gunakan kain tersebut untuk membersihkan jamur atau noda pada tas. Gunakan gerakan satu arah untuk menggosok tas agar tidak rusak.

  1. Hindari bahan-bahan berikut

Pada waktu membersihkan tas kulit dengan menggunakan produk pembersih tertentu, perhatikan bahan yang terkandung dalam produk pembersih tersebut agar terhindar dari kerusakan pada tas kulit karena reaksi dari bahan-bahan tersebut. Jangan gunakan pembersih yang mengandung pelarut petroleum, minyak petroleum dan silikon. Bahan-bahan tersebut dapat meninggalkan noda dan merusak tekstur tas kulit anda.

Selain itu, hindarkan pula menggunakan pakaian berbahan jeans saat anda menggunakan tas kulit, karena saat membawanya pasti tas kulit anda akan bersentuhan dengan celana atau bahan jeans anda, yang mana gesekan yang terjadi antara tas kulit dan bahan jeans dapat beresiko memunculkan goresan dan merusak tekstur kulit tas.

Demikian beberapa hal mudah yang dapat anda lakukan untuk merawat tas kulit agar tahan lama. Nantikan tips kami selanjutnya hanya di Exotiqleather.com.

#leatherproduct #taskulitular

 

Share this:

One thought on “Cara Mudah Merawat Tas Kulit Agar Tahan Lama

  1. Web Hosting says:

    Padahal, \nsebenarnya ada lho beberapa perawatan yang bisa dilakukan agar tas kulit \nsintetismu lebih awet dan .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *